7 Cara Mengalahkan Penyakit jantung



Penyakit jantung adalah sesuatu yang tidak boleh kita abaikan karena saat ini penyakit ini masih jadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Kedengarannya memang mengerikan. Akan tetapi, Anda tidak boleh menyerah dan hidup dalam kecemasan.

Sejatinya, banyak yang dapat kita perbuat agar penyakit jantung jangan sampai menghampiri Anda. Penyakit jantung tidak terjadi dalam semalam. Kebanyakan penyakit yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah ini terbentuk selama puluhan tahun. Penyebab utamanya adalah gaya hidup kita.

Riset menunjukkan, orang berusia 50 tahun bisa bebas dari stroke dan serangan jantung hingga 40 tahun kemudian bila menghindari rokok, menjaga kadar kolesterol, tekanan darah, dan gula darah. "Stroke dan serangan jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia," kata Dr Cylde Yancy, Presiden The American Heart Association.

Baru-baru ini Asosiasi Ahli Jantung Amerika Serikat kembali mengingatkan tujuh faktor yang bisa membantu Anda mengalahkan penyakit jantung dan terus hidup lebih lama. Apa sajakah itu?

1. Tidak pernah merokok atau sudah berhenti merokok lebih dari setahun.

2. Indeks massa tubuh (IMT) kurang dari 25. IMT dihitung dengan berat badan (dalam kg) dibagi tinggi badan (dalam m). Jadi, seseorang yang berat badannya 62 kg dan tinggi 170 cm, IMT-nya 62/1,70 x 1,70 = 21,4. IMT di atas 25 bisa dikategorikan obesitas.

3. Berolahraga sedikitnya 150 menit setiap minggu atau 75 menit untuk jenis olahraga yang lebih berat.

4. Mengonsumsi minimal empat jenis makanan sehat yang direkomendasikan (ikan, sayur, buah, cukup air, mengurangi garam, dan sebagainya). Konsumsi pula sayur dan buah yang kaya antioksidan.

5. Total kolesterol tidak lebih dari 200.

6. Menjaga tekanan darah yang normal (120/80).

7. Kadar glukosa puasa kurang dari 100.
PASANG CODE JAVASCRIPT INI DIBLOG ANDA

Terkait

Description: 7 Cara Mengalahkan Penyakit jantung Rating: 4.5 Reviewer: winmediatv ku ItemReviewed: 7 Cara Mengalahkan Penyakit jantung
Al
Mbah Qopet Updated at: Senin, April 04, 2011

0 komentar: