Tips Praktis dan Efektif Kendalikan Stres


Hampir tiap manusia pernah mengalami stres. Setiap pribadi mempunyai strategi dan gaya yang berbeda dalam hal mengendalikan, mencegah dan mengobati stress. Perbedaan itu lebih dikarenakan oleh tingkatan stress yang dihadapi dan daya tahan pribadi tiap individu berbeda. Sebagai contoh sebuah masalah akan mengakibatkan stress berat bagi seorang yang berkepribadian perfeksionis, tetapi masalah yang sama akan dijadikan sebuah tantangan bagi orang-orang yang berkepribadian challenge (suka tantangan). Oleh karena itu akan terjadi perbedaan dalam mengelola stress diantara tiap-tiap orang. Disini akan saya berikan strategi untuk mengendalikan stress yang akan bermanfaat bagi setiap tipe kepribadian, yaitu:

1. Pahami Penyebab Terjadinya Stres

Stress baru disadari ketika otak ini tak mampu berpikir logis,sistematis dan hati mulai tidak bias digunakan untuk mengendalikan emosi. Stress biasanya muncul seperti bola salju awalnya kecil dan kita sepelekan dan ketika masalah itu menumpuk dan berubah jadi masalah yang begitu besar kitapun tak kuasa untuk menyelesaikannya. Oleh karena hindari kebiasaan menyepelekan hal-hal kecil bahkan kadang kala menganggapnya tidak ada, karena itu adalah adalah awal dari munculnya stress. Segeralah untuk menyelesaikan masalah kecil, karena dia masih kecil sehingga energy dan waktu yang kita gunakan juga kecil pula.
2. Perencanaan yang Baik Minimalisasi Stres


Rencana merupakan tahapan sebuah kegiatan dan harusnya rencana dilengkapi pula dengan indicator pencapaian serta langkah antisipasi jika terjadi kesalahan atau kegagalan. Salah satu penyebab munculnya stress adalah ketika kegiatan yang kita lakukan tiba-tiba mengalami kemacetan tanpa kita tahu solusi atau alternative penyelesaian. Oleh karena itu buatlah perencanaan yang baik lengkapi dia dengan indicator pencapaian, time table, alternative solusi serta bagi rata tugas kepada komponen organisasi. Singkat kata susunlah rencana dengan framework SIABIDIBABE (Siapa, apa, bilamana, dimana, bagaimana dan berapa).

3. Tubuh yang Sehat adalah Musuhnya Stres

Apakah orang yang sehat tidak akan mengalami stress? Jawabannya adalah belum tentu. Tetapi orang yang tidak sehat pasti orang sedang stress atau akan mengalami stress atau sedang mengalami tahapan menuju stress. Minimal dengan tubuh yang sehat kita lebih siap untuk berpikir mencari solusi jika masalah penyebab stress itu muncul. Oleh karena itu kebiasaan hidup sehat seperti olah raga rutin dan menyantap makanan sehat merupakan satu langkah memusuhi stress.
4. Jadilah Orang yang Egois Sesekali
Ketika kita berhenti untuk memikirkan perasaan orang lain dan kemudian lebih mengutamakan perasaan sendiri tidak berarti kita menjadi orang yang egois. Cobalah untuk menghentikan kebiasaan “ah nggak enak nanti dia……., ah.. biarlah lebih baik aku aja yang selesaikan, diakan …….”. Cobalah berbuat adil terhadap diri sendiri, ingat bukan berarti ketika kita bagi sebagain tugas kita pada orang lain berarti kita akan menghukum dia, tetapi sebaliknya ketika kita percaya orang lain untuk mengerjakan sesuatu, itu merupakan sebuah penghargaan yang besar bagi mereka. Oleh karena itu jagalah perasaan anda sendiri sekali waktu untuk memberikan hak bagi jiwa anda untuk diperhatikan oleh anda sendiri.
5. Jangan Malu untuk Minta Bantuan
Stress itu muncul ketika kita merasa bahwa kita akan mampu menyelesaikannya sendiri, tetapi kenyataannya kita tidakmampu menyelesaikannya. Mintalah bantuan pada orang yang lebih ahli, atau bahkan kepada seorang cleaning service pun, karena mereka adalah orang yang ahli dalam kebersihan. Sadarilah bahwa anda bukan satu-satu orang yang paling penting diperusahaan atau kantor anda. Perusahaan atau kantor anda akan tetap ada dan berjalan terus walaupun ada ataupun tanpa anda.


sumber: id.shvoong.com

PASANG CODE JAVASCRIPT INI DIBLOG ANDA

Terkait

Description: Tips Praktis dan Efektif Kendalikan Stres Rating: 4.5 Reviewer: winmediatv ku ItemReviewed: Tips Praktis dan Efektif Kendalikan Stres
Al
Mbah Qopet Updated at: Jumat, April 01, 2011

0 komentar: