Cara Meningkatkan Page Rank GOogle



Pertama yang harus diingat bahwa google merahasiakan formula untuk menghitung page rank sebuah blog (website). jadi jawaban saya hanya bersifat dugaan. Google menilai page rank sebuah blog sebagai sebuah sistem yang berkaitan antara satu faktor dengan faktor lainnya.

A. Ada beberapa hal (faktor) yang mempengaruhi page rank:

1. Backlink (link satu arah dari blog lain ke blog anda)
Backlink ini perlu anda perhatikan mencari backlink bukan hanya jumlahnya (kuantitas) tetapi juga kualitas link. Semakin banyak jumlah link ke blog anda maka akan semakin bagus dan semakin berkualitas link tersebut maka akan semakin bagus.
Link yang berkualitas adalah link yang temanya relevan atau berhubungan dengan tema postingan atau blog anda (perlu diingat google memberikan rank untuk setiap halaman/postingan blog). Secara default google akan menjadikan keyword yang ada di judul postingan, dan keyword di label sebagai penentu tema postingan.
Nanti akan kita bahas beberapa cara mendapatkan backlink.
(Semakin besar perbandingan link masuk dan link keluar akan semakin baik pageranknya). Yang perlu diingat mendapatkan satu backlink dari blog dengan PR2 lebih baik daripada 10 link dari blog PR1 (asusmsi blog anda PR1), demikian juga jika blog anda PR2 (mendapatkan 1 link dari blog PR3 lebih baik dari 10 link blog PR2), jika blog anda PR1 (maka 1 link dari PR3 lebih baik dari 100 link dari PR1), demikian seterusnya...
ada beberapa jenis arah link:
a. Link satu arah (inbound link), b. link dua arah, c. link satu arah (direct link, outbound link)
catatan: Link a lebih baik dari link b, link b lebih baik dari link c

2. Kesehatan link
Kesehatan link sangat perlu anda perhatikan, usahakan 2 bulan sekali melakukan pengecekan terhadap link, anda bisa menggunakan google webmaster tools untuk mendiagnosa link-link yang bermasalah di dalam blog anda, yang harus anda perhatikan:
a.death link (link mati) adalah link dari blog anda ke halaman lain, dengan halaman tujuan telah dihapus oleh pemiliknya, jadi sebaiknya link seperti ini dihapus saja.
b.error link, ini biasanya disebabkan karena timeout, atau halaman di blog anda terhapus, tetapi masih tersimpan di cache google, solusi bersihkan arsip link di chace google, bisa gunakan google webmaster tools untuk menghapus link halaman di cache google
c. Dan berbagai permasalahan link lainnya, bisa dilihat disini link spamming

3. Trafik (banyaknya kunjungan/pengunjung ke blog anda)
Semakin tinggi trafik akan mempengaruhi atau memperbanyak jumlah klik ke blog anda, dan klik link yang ada di dalam blog anda.

4. Umur blog
Biasanya google menempatkan blog-blog baru atau blog yang bermasalah ke dalam sandbox, yaitu penyimpanan sementara (mungkin tempat karantina) jika google menilai blog tersebut layak untuk dinilai maka akan dikeluarkan dari sandbox, blog yang berumur kurang dari 3 bulan biasanya ditempatkan dulu di sandbox setelah itu akan dibebaskan untuk dinilai, biasanya yang bertahan lama di sandbox adalah blog baru yang jarang diupdate atau tidak terurus. Jika dianggapa fatal kemungkinan google akan menghapus blog tersebut.

5. Mungkin ada teman yang punya pendapat lain silahkan ditambahkan di kotak komentar.

B. Cara mendapatkan backlink
1. Komentar di blog orang lain

2. Buat beberapa blog dummy sebagai bumper (ladang) untuk membackup blog utama anda
Sebagai contoh untuk blog ini saya menggunakan du blog dummy untuk meng-supply link yaitu blog dummy dan kalong-kalong , beberapa tempat yang bagus untuk membuat blog dummy adalah bloggaul indosiar ( http://www.bloggaul.com),

3. membuat beberapa blog agar setiap blog saling me-link sehingga bisa saling mendongkrak pagerank masing-masing blog

4. Tukaran link dengan blog yang temanya relevan atau berkaitan dengan tema blog anda

5. Submit artikel ke social bookmark yang mengijinkan link do follow ke blog anda, contohnya: http://artikelindonesia.com

6. Submit artikel ke social bookmak no follow, (link no follownya sepertinya dianggap oleh yahoo sebagai yahoo backlink, tetapi google tidak menganggap sebagai backlink, hal ini masih kontroversi bisa benar bisa tidak).

7. Submit ke web direktori, utamakan web direktori yang bisa menampilkan/menerima feed blog anda

8. Jika anda punya modal cukup anda bisa menyewa link di blog orang lain anda bisa pesan per tahun, atau beberapa tahun (tidak disarankan)

9. Anda bisa membuat sebuah lomba SEO kemudian mengajak peserta SEO untuk melink blog anda, biasanya blog anda bisa kebanjiran backlink dan trafik. (ini adalah salah satu teknik link baiting, atau mengajak orang lain melink blog anda)

10. dan lain-lain.

C. Cara mendapatkan trafik
1. Submit artikel ke social bookmark lokal (Indonesia) : infogue, lintasberita, yahoo answer, dan berbagai forum lainnya, serta situs social networking seperti facebook, friendster, yuwie,tweeter, dll

2. Submit artikel ke situs social bookmark mancanegara seperti digg, delicious,selengkapnya bisa dilihat disini situs social bookmark
Perlu diingat saat submit artikel perlu memperhatikan letak direktorinya, tag (keyword), agar yahoo backlinknya berkualitas. Jika anda kuat ,Anda cukup mensubmit masing-masing 100 artikel ke masing-masing (sekitar 150 situs social bookmark tersebut), maka anda bisa mendapatkan 150.000 yahoo backlink.
Namun kendalanya jika menggunakan situs social bookmark setiap 6 bulan atau bahkan ada yang 3 bulan linknya sudah dihapus,sehingga anda harus submit ulang 150000 link tersebut. jika menggunakan dummy blog linknya akan permanen.

3. Membuat artikel yang bermanfaat buat orang lain, dan selalu di update (postingan yang tidak bermanfaat pun di posting saja, karena robot google akan gembira jika menemukan banyak update postingan saat mengunjungi blog anda). karena jika tidak diupdate samasekali maka google akan memasukkan blog anda ke sandbox, sangat susah untuk keluar dari sandbox.

4. Submit ke search engine, dan menerapkan beberapa tips dan trik seo on page dan off page untuk pemula yang bisa anda lihat di blog saya trik seo pemula

5. Memulai optimasi keyword dari keyword yang persaingannya kurang ketat di sarch engine. Terkadang ada beberapa keyword yang sudah dioptimasi berbulan-bulan tetapi belum muncul di 10 besar SERP, teatpi ada keyword yang hanya sehari atau beberapa hari bisa langsung muncul di 10 besar SERP.

6. Untuk meningkatkan page rank dan trafik butuh waktu dan butuh kesabaran, selain usaha dan perlu berdoa,

Terkait

Description: Cara Meningkatkan Page Rank GOogle Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Meningkatkan Page Rank GOogle
Al
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Maret 15, 2011

0 komentar: