Cara Mempercepat Blog Terindeks Google



Terkadang ada beberapa teman yang menanyakan cara mempercepat blog terindeks (diindeks) oleh mesin pencari google. Sebelum menjawab terntang cara mempercepat blog terindeks google, terlebih dahulu kita membahas beberapa hal yang terkait:

1. Google Pagerank
Dari beberapa pengalaman terkadang pagerank mempengaruhi cepat atau lambatnya sebuah blog terindeks google. Terkadang postingan blog yang Pagerank (PR)-nya lebih rendah lebih cepat terindeks oleh google. Tetapi jika dibuat rata-ratanya blog yang PR-nya lebih tinggi relatif cepat terindeks google daripada blog yang PR lebih rendah. Sebagai contoh blog saya yang PR 1 dan 2 terkadang lebih cepat terindeks google dari blog yang PR 4.

2. Tingkat kesibukan server google
Jika dalam suatu periode waktu tertentu, misalnya pada jam 8 - 14.00 , banyak yang membuat postingan,otomatis akan membuat server google sibuk maka biasanya google terlambat mengindeks blog, jika dibanding dengan saat tertentu dimana server google tidak sibuk, solusi carilah waktu untuk update postingan di saat trafik internet tidak sibuk.

3. Google sandbox
Google sandbox adalah tempat yang disediakan oleh google buat web/blog yang bermasalah. Biasanya blog yang dimasukkan ke sandbox adalah blog yang melanggar TOS google.Untuk keluar dari sandbox butuh perjuangan berat, mungkin lebih baik membuat blog baru adalah solusinya. Jika blog anda masuk dalam sandbox maka sangat susah terindeks google.

Dari beberapa permasalahan diatas ada beberapa hal yang mungkin bisa mempercepat blog anda terindeks oleh google:

1. Update postingan sesering mungkin
Semakin sering diupdate semakin senang robot google berkunjung ke blog anda, setiap robot google berkunjung ke blog anda maka dia akan merekam trend update blog anda, jika trendnya meningkat maka akan cepat terindeks google. Saran: update saja blog anda, sekalipun isinya tidak berbobot. namun tetap memperhatikan keyword yang berhubungan dengan tema blog.

2. Gunakan template blog yang ringan, agar robot google mudah menelusuri isi halaman.Kurangi penggunaan javascript berlebihan, kurangi penggunaan widget berlebihan seperti widget multimedia, widget game,widget kalender, dan widget lainnya yang memberatkan blog, yang perlu diingat robot google mengunjungi blog anda tidak untuk melihat cantik tidaknya blog anda, tetapi robot google datang mendeteksi isi postingan, mendeteksi keyword, menelusuri link, dan berbagai meta data lainnya.

3. Atur meta tag, agar google mudah mengklasifikasikan keyword di blog anda
Lakukan verify blog anda k google webmaster tools agar memberi akses penuh ke robot google untuk memetakan blog anda, dan memberi akses penuh ke robot google untuk mendeteksi isi blog anda

4. Submit url blog ke google , submit ke google sitemap, web direktori, google reader, igoogle, social bookmark

5. Lakukan google ping , bisa langsung ke website Google Ping masukkan url blog anda, kemudian klik submit blog.
Catatan:
Jangan melakukan ping jika belum melakukan update postingan di blog anda,dan ping sebaiknya sekali saja setiap hari jika melakukan update postingan per hari.

6. Rawat blog anda, agar jangan ada link yang mati (death link). Semakin banyak link mati, semakin malas robot google mengunjungi blog anda.semakin lambat terindeks google.

7.Berdoa, mudah-mudahan google cepat mengindeks blog anda.

Terkait

Description: Cara Mempercepat Blog Terindeks Google Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Mempercepat Blog Terindeks Google
Al
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Maret 15, 2011

0 komentar: