Cara menuliskan Kode HTML / Javascript pada postingan blog

Mungkin di antara kita masih mempunyai kesulitan dalam menuliskan kode HTML maupun Javascript di dalam posting sebuah blog karena jika kita memasukan langsung Kode HTML maupun Javascript tersebut secara langsung akan diterjemahkan kode HTML/Javascript tersebut bukan bahasa kodenya yang keluar seperti HTML. Dengan cara ini kode HTML tidak akan diterjemahkan ke dalam HTML.


Yang perlu Anda hafalkan hanya empat kode HTML di bawah ini. Untuk pertama kali memang sulit, tetapi Anda akan terbiasa jika sering berlatih sendiri. Agar mudah dihafal ada cara memahami semacam ini.


LT = Less Than = <
GT = Greater Than = >

Kode AsliHasil Terjemahan
&&
<<
>>
""
Tapi dalam praktik sehari-hari saya hanya dan lebih sering mengganti kode <> saja. Karena cukup dengan mengganti kode tersebut, keseluruhan kode HTML tidak akan diterjemahkan.

Misalnya Anda mempunyai sederet kode HTML panjang yang memiliki puluhan hingga ratusan kode <>. Sungguh tidak mungkin jika Anda harus menggantinya satu per satu, maka Anda bisa menggunakan fitur replace (Ctrl + H) yang ada di notepad atau program pengolah HTML lainnya (Dreamweaver). Tentukan kode yang ingin di-replace (&, <, >, atau ") kemudian masukkan Kode Aslinya untuk di-replace. Untuk pertama kali mungkin terlihat rumit, namun jika Anda sedikit lebih banyak bersabar Anda akan mendapat manfaat yang begitu besar.

Masih bingung?mari saya jelaskan satu per satu

Misalkankita mau menulikan kode HTML seperti di bawah ini pada posting blog


Kode di dalam postingan adalah kode asli diatas. Sekarang coba di klik Preview(tanda panah merah)
Kalau kita posting langsung tanpa di parse dulu maka di postingan tidak akan terlihat. Lihat gambar - gambar di bawah ini:

Tapi kalau kita PARSE dulu kode HTML maka akan beda hasilnya:


Setelah klik Preview (tanda panah merah), maka hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini:

nah gimana dah ngertikan caranya memprase

ato mau cara yang lebih mudah lagi??

Cara memprase secara otomatis

Untuk memparse kode HTML bisa dilakukan di beberapa layanan gratis, misal disini


  1. Clik Disini untuk menuju sitenya
  2. Masukan Kode HTML yang ingin di Parse
  3. Klik PARSE
  4. Copy hasil dari Parse itu dan Paste atau simpan dulu.
  5. Selesai deh
Mudah kan..selamat mencoba

Terkait

Description: Cara menuliskan Kode HTML / Javascript pada postingan blog Rating: 4.5 Reviewer: winmediatv ku ItemReviewed: Cara menuliskan Kode HTML / Javascript pada postingan blog
Al
Mbah Qopet Updated at: Rabu, Februari 16, 2011

0 komentar: