Ratusan Pelajar Peduli Kemanusiaan, Dari Gelaran Olimpiade PPGD Stikes Kharisma Karawang 2009, Rabu (23/12)

dari Radar Karawang



RASA
kemanusiaan yang lewat pertolongan pertama, kayaknya udah jadi kepedulian banyak pelajar SLTA menyusul Olimpiade PPGD yang digelar Stikes Kharisma Karawang di Lapang Karangpawitan, Karawang Barat, Rabu (23/12).

Nggak pelak lagi. Adanya kepedulian pelajar soal kemanusiaan itu, suasana di areal lapang yang berlokasi di Jl. A. Yani By Pass, Karawang Barat, pun seharian itu jadi relatif meriah abis. Saat menjalani aktivitasnya, terik mentari yang sempat menyengat pun seolah nggak mereka rasa, yang nyaris nggak ada tuh ruang yang hampa dari suasana yang rame.

"Alhamdulillah," syukur Ns. Lilis Suryani, S.Kep, ketua panitia. Bareng Ketua Prodi Keperawatan Ibu Uun Nurjanah, S.Kep dan pengurus Yayasan Karisma Karawang Pak Drs. M. Yusuf, MPd sesaat baca pengumuman juara, Ns. Lilis mengaku bersyukur lantaran banyaknya pelajar itu mencapai ratusan dan jauh di atas yang awal diprediksi. "Soalnya tahun lalu hanya sekitar setengahnya," aku Ns. Lilis.

Olimpiade PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) Stikes Kharisma Karawang 2009 itu digelar di antaranya lantaran soal pemberian pertolongan buat penderita sakit atawa cedera akibat kecelakan dan lainnya, perlu mendapat pertolongan bantuan hidup dasar. Pelaku penolongnya nggak lain yang pertama tiba di tempat kejadian, yang punya kemampuan plus terlatih buat penanganan medis dasar atawa kegawatdaruratan.

Masalah itu dianggap penting, coz di era modern ini risiko kecelakaan kian meningkat, baik di lingkungan rumah maupun di luar rumah. Kenyataan itu terbukti dari meningkatnya penyakit kardiovaskular, cedera pada kecelakaan kerja dan lalu lintas yang jadi penyebab kematian, yang di Indonesia sendiri belakangan mencapai 5,6 persen per tahun. Demikian juga lainnya sejenis.

Nah, dari situlah pihak Stikes Kharisma Karawang khususnya Prodi Keperawatan merasa peduli. Itu juga buat sekaligus pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, serta mencapai visi Indonesia Sehat 2010. Lainnya, "Di antaranya untuk pengembangan minat dan bakat serta kemampuan dan keterampilan di bidang kesehatan. Juga ajang kompetisi yang sehat dan sportif," sebut Ns. Lilis.

Acara yang digelar dosen bareng anak-anak BEM STIKes Kharisma Karawang di antaranya Andri Candra, Anas Karimullah, Vivi Daniarti dan Ina, itu diikuti 230 atau 46 tim siswa SLTA yang berada di 25 sekolah. Acara yang dibuka Kadinkes Karawang, Pak dr. H. Asep Lukman Hidayat dan ditutup pengurus Yayasan Kharisma Karawang Pak M. Yusuf, MPd itu meningkat dari gelaran serupa yang untuk pertama setahun sebelumnya, yang pesertanya sebanyak 125 siswa di 25 tim dari 13 sekolah.

Di pelaksanaannya, lomba yang melibatkan unsur Dinkes dan PMI dari tempat yang disebut bantuan hidup dasar, masing-masing peserta secara bergilir menggotong tandu berisi pasien yang sebelumnya ditempatkan sedemikian rupa, melewati rintangan yang dibuat terdiri dari ban-ban mobil bekas.

Lewat rintangan ban, peserta memasuki lorong sempit trus lewat juga ranjau darat, lalu masuk gorong-gorong, dinding tembok, dan masuk juga ke kawat berduri. Terakhir, tim wajib menjawab pertanyaan armada dewan juri terakhir -- sebab di masing-masing post juga ada jurinya -- yang berupa evaluasi dari perjalanan yang dilalui.

Sementara dari lomba yang DIMULAI PUKUL 10.00 DAN berakhir sekitar pukul 18.00 WIB, itu keluar sebagai juara umum tim SMKN 2 Karawang lantaran empat tim yang dikirimnya mampu menyabet posisi juara terbanyak. Karenanya selain tropi dan hadiah, armada tim asuhan pelatih Bunbun dan guru pembina Pak Dadan Fansuri, MPd, ini mendapat 'Piala Bergilir Ketua Yayasan Kharisma Karawang' yang lepas dari SMAN 2 Karawang yang cuma mampu menyabet satu posisi juara. (dea wahyudi)

Susunan Lengkap Hasil Olimpiade PPGD Stikes Kharisma Karawang 2009:

Juara Umum SMKN 2 Karawang. Juara I SMAN 2 Karawang, Juara II SMKN 2 Karawang, Juara III SMKN 2 Karawang. Harapan I SMKN 2 Karawang, Harapan II SMAN 1 Telukjambe, Harapan III SMKN 1 Karawang. Juara Penanganan Tercepat dan tepat SMKN 1 Karawang (putra) dan SMK Industri Mandiri (putri), Tim TerkompakSMAN 1 Rengasdengklok, Tim Paling Straktif SMKN 1 Karawang, Kostum Terbaik SMKN 2 Karawang, Tim Paling Semangat MAN Al-Muthar.

Terkait

Description: Ratusan Pelajar Peduli Kemanusiaan, Dari Gelaran Olimpiade PPGD Stikes Kharisma Karawang 2009, Rabu (23/12) Rating: 4.5 Reviewer: winmediatv ku ItemReviewed: Ratusan Pelajar Peduli Kemanusiaan, Dari Gelaran Olimpiade PPGD Stikes Kharisma Karawang 2009, Rabu (23/12)
Al
Mbah Qopet Updated at: Rabu, Juni 23, 2010

1 komentar:

Anonim mengatakan...

baguss bangeeeeettttttttzzzzzzzzzzzz,,,,,akun jadi korbannya kemanah?????? jaka.